Cara Membuat Queue Dengan Nodejs dan Redis

Queue Nodejs

Intro

Hallo teman-teman kali ini saya akan sedikit membahasa artikel yang sudah saya post di medium sih dengan bahasa inggris, sengaja saya repost karena ya lagi males bikin konten tutorial jadi nya saya akan repost postingan yang saya sudah publikasikan di medium saya.

Jadi kali ini kita akan membahasa tentang bagaimana kita handle concurency request / request secara bersamaan dengan menggunakan bantuan redis. Okay kita mulai dengan studi kasus contoh kita mempunyai aplikasi lelang online, disitu ada proses bid secara realtime oleh user, bisa dibayangkan jika user yang online contoh 1000 user mengklik tombol bid secara bersamaan, apakah yang terjadi ?, yang akan terjadi yaitu pasti akan ada duplikat data, dan program akan memunculkan error jika diaplikasi kita dipasang validasi misal jumlah bid tidak boleh sama dan lain sebagainya.

Bagaimana kita mengatasinya ?, ada beberapa cara sebenarnya untuk melakukan handle request secara bersamaan ini, yang pertama menggunkaan bantuan redis, yang kedua bisa menggunakan database itu sendiri dengan metode lock transactional database, akan tetapi disini saya akan menggunakan opsi menggunakan redis, nanti kita akan bahas lain waktu untuk handle concurency request/request bersamaan dengan database, karena disini studi kasus nya saya handle export data diatas satu juta data.

Cara mengatasinya yaitu simpel sih sebenarnya, harus dimasukan ke dalam antrian, intinya ketika request masuk secara bersamaan harus antri dulu sampai proses pertama selesai, baru dilanjut ke proses berikutnya. 

Untuk contoh implementasinya silahkan teman-teman baca disini okay ungkin segitu yang bisa saya sharing semoga bermanfaat bagi teman-teman, jika ada yang tidak mengerti, ada kesalahan dalam penulisan dan ada yang ingin ditanyakan atau di tambahkan bisa tulis dikolom komentar terimakasih.

Posting Komentar

0 Komentar