Programmer Atau Engineer Berada Di Zona Nyaman Dan Tidak Berkembang ???

ilustrasi kerja

Zona Nyaman ???

Siapa sih yang tidak mau atau tidak ingin merasakan zona nyaman di pekerjaan seperti santai, beban tidak terlalu banyak, bahagia terus, contoh kecil di dunia programmer misalkan pokonya aku kerja udah ngoding aja kerja selesai buat nonton film males untuk belajar tentang teknologi baru, atau riset pindah dari bahasa pemrograman A ke B. 

Saya pribadi pernah berada di posisi tersebut kerja santai, bahagia, beban sedikit dan pasti alur keseharian nya kerja, nonton dan main game, semuanya itu tidak lah salah karena ya siapa sih yang tidak mau bahagia di dalam perkerjaan ?, siapa sih yang mau terus ada tekanan dalam kerjaan pusing pasti kepala dapat tekanan terus  lebih baik rebahan sambil nonton film aja atau anime wkwkwk.

Kenyamanan di dalam pekerjaan akan membuat anda merasakan saya sudah yang terbaik, jadi tidak perlu lagi ada softskill dan hardskill yang saya upgrade misalkan saya sudah nyaman dengan bahasa pemrograman PHP ketika kerja akan selalu menggunakan PHP. Itu pemikiran yang tidak salah yang salah itu yaitu contoh kecil saya sudah percaya diri dengan PHP tetapi yang dikuasai itu-itu aja gitu, sekarang sudah rilis PHP versi 8 tetapi anda masih terlalu asyik dengan PHP versi 5 tidak ingin belajar dan bahkan tidak tahu bahwa ada update versi terbaru, itu yang menjadi bahaya, apakah anda pernah berfikir 

  1. bagaimana jika nanti  versi PHP 5 itu sudah tidak di support lagi ?
  2. bagaimana jika nanti anda pindah kerja rekan tim anda semuanya menggunakan versi baru sedangkan anda masih terjebak atau nyaman di versi lama ? sepertinya nanti anda akan kaget dengan style code versi terbaru
  3. bagaimana jika nanti di pasaran atau bursa kerja ketika anda ingin melamar yang dibutuhkan nya teknologinya bukan PHP misalkan Go atau Python ?, secara tidak langsung itu akan membuat mental anda menjadi melemah karena anda berfikir saya tidak bisa melakukan itu.

Mari kita renungkan di kantor kita apakah kedepan nya kita akan mendapatkan ilmu yang lebih baik dan banyak value yang didapat untuk mengubah cara kerja kita atau kah hanya stagnant begitu-begitu saja tidak ada perubahan yang drastis akan tetapi lingkungan kerja nyaman dan uang gaji bulanan tetap tidak pernah ada keterlambatan.

Ingin dapat gaji besar tapi tidak ada kemajuan untuk keluar dari zona nyaman, faktor ini biasanya nya yang sering di hadapi para programmer santuys wkwkwk. Saya ingin melamar di kantor A tapi saya tidak percaya diri karena ilmu saya sedikit, saya sudah coba belajar akan tetapi di lingkungan pekerjaan hawa nya santuy terus jadi males untuk belajar. Ini merupakan faktor terbesar yang harus di hindari sebisa mungkin karena ini sangat mempengaruhi gaya hidup kita, lingkungan yang santuys membuat kita menjadi orang yang stagnant tidak ada niatan untuk berkembang dan belajar.

Jika kalian mengalami kesulitan sekarang teknologi sudah maju gunakan social media seperti facebook, instagram dan twitter untuk perkembangan teknologi, gabung dengan komunitas-komunitas.

Religius tidaklah salah mungkin dalam benak kita terucap seperti ini "Alhamdulilah walaupun gaji segini juga udah cukup, bisa membuat dapur ngebul" akan tetapi kata-kata tersebut biasanya mencerminkan sikap seseorang yang menurut survei yang saya baca 30% diantaranya yaitu yang di dalam lubuk hatinya yang terdalam ingin memiliki gaji besar tapi susah untuk keluar dari zona tersebut dan tidak siap dengan perubahan yang akan ia hadapi, karena sudah terlalu nyaman dengan keadaan dikantor sekarang.

Sekarang kita berbicara perkembangan di dalam tools kerja yang anda gunakan alangkah baiknya jika kita sudah menekuni satu bahasa pemrograman kita harus mengupgrade skill kita, contoh kecil mungkin kita biasanya membuat satu class beserta fungsi crud biasanya memerlukan 80 baris untuk satu file nah kita riset dan belajar saja untuk meringkas nya dari 80 menjadi 50 baris untuk memerbaiki skill kita, dari riset dan belajar tersebut lah yang membuat anda bertahap secara tidak langsung keluar dari zona nyaman  dan menuju berkembang.

Di dunia kerja orang yang berani ambil pilihan untuk keluar dari zona nyaman biasanya nanti akan terlihat profesionalitas, perubahan dan keaktifan nya nanti jika suatu saat kita bertemu atau pun ngobrol dengan nya. Banyak orang yang tidak berani keluar dari zona nyaman karena berbagai alasan mungkin alangkah baiknya jika teman-teman di dalam dunia kerja untuk berani mencobanya dengan penuh pertimbangan juga. Saran dari saya jika kalian fresh graduate alangkah baiknya kalian tidak berhenti untuk menghabiskan waktu kerjanya di satu perusahaan lebih baik mencoba 2 atau 3 perusahaan sampai kalian benar-benar yakin ingin menghabiskan waktu kerjanya disitu. Karena akan sia-sia juga jika kalian berdiam diri di satu perusahaan yang merasa diri kalian hebat di perusahaan tersebut ketika berkumpul di suatu komunitas kalian merasa diri kalian yang paling rendah setidaknya kita bisa memersiapkan itu dengan keluar dari zona nyaman untuk mengukur bahwa kita tuh udah sampai mana kemampuan nya ketika di luar sana.

Jangan lah menjadi orang yang gila kerja, tetapi jadilah orang yang setidaknya ketika kumpul dengan orang-orang hebat kita bisa paham dengan apa yang mereka bicarakan.

Mungkin kalian akan bertanya apa sih manfaatnya ketika kita keluar dari zona nyaman berikut mungkin manfaat-manfaat nya
  1. Mendapatkan tantangan yang lebih dari biasanya 
  2. Berkembang lebih cepat dari sikap dan perilaku
  3. Skill bertambah dan berkembang
  4. Memahami kekurangan dan kelebihan kita

Tidak ada salahnya juga jiga kita sudah enak dengan zona kita yang sekarang akan tetapi hal tersebut harus diiringi dengan belajar dan aktif di luar pekerjaan dan komunitas atau mempunyai job sampingan. Karena ilmu bisa di dapat dimanapun kita berada. 

Mungkin segitu yang bisa saya tulis pada artikel kali ini mohon maaf jika ada penulisan kata yang tidak dipahami, salah dan tidak sesuai namanya juga belajar akan ada kesalahan yang harus dikoreksi supaya menjadi lebih baik lagi hehehehe terima kasih semoga bermanfa'at


Posting Komentar

0 Komentar