Membuat Mockup API dengan Json Server


Apa itu Mockup API ?

Mockup api adalah tools untuk membuat api dummy tanpa connect ke database, didalam sebuah tim development aplikasi biasanya ada role Backend dan Frontend, Backend bertugas untuk mengelola data dan memberikan output berformat JSON yang nanti akan di konsumsi oleh Frontend untuk di tampilkan di client.

Kenapa membuat mockup API ?? jawaban nya yaitu supaya tim development frontend tidak menunggu api selesai di kerjakan oleh tim backend peran mockup api ini sangat penting. Contoh kasus Project Manager meminta sebuah fitur login dengan waktu cepat untuk proses demo ke user, nah peran mockup api bisa jadi solusi untuk mendesain API yang akan kita kerjakan supaya bisa di demo kan secara real tapi proses di belakang masih dummy. 

Secara garis besar kita desain beberapa kebutuhan API untuk demo dan dikonsumsi oleh client atau frontend asumsi kan untuk fitur login butuh username dan password jadi kita desain dahulu buat beberapa data JSON dummy untuk login dan list user yang tersedia untuk bisa login.

Di dalam mendesain mockup api diusahakan mendekati real ketika mendesain nya supaya nanti kedepan nya setelah app kita di demokan ke user, lalu user puas dan tidak mendapatkan banyak feedback kita tidak perlu mendesain ulang rancangan API untuk fitur tersebut.

Jadi tinggal melanjutkan saja ke prosess real dengan koneksi ke database, Kurang lebih penjelasan singkat untuk mockup API seperti itu selanjutnya mari kita coba memulai membuatnya dengan bahasa nodejs untuk backend API nya dan package json-server.

buat file dengan nama index.js lalu ketikan kode sebagai berikut :

Setelah itu buka terminal install package nya
npm install json-server
setelah install package nya running aplikasi nya
node index.js
Buka browser dan ketikan url http://localhost:3000/ dan boom json server mockup api telah running



Oke mungkin segitu dulu yang bisa saya tulis semoga bermanfaat source code lengkap bisa di clone disini

Posting Komentar

0 Komentar