Berkenalan Dengan Fiber Framework Golang


Berbicara sebuah bahasa pemrograman pasti untuk seorang web developer, backend developer atau frontend developer yang pertama di cari yaitu sebuah framework nya hehehe. Di bahasa pemrograman GO atau Golang ada beberapa framework yang bisa di coba oleh teman-teman dan juga pasti teman-teman bingung untuk memilih framework yang mana akan di gunakan.

Sebenarnya semua framework bagus, itu semua hanya tools untuk membantu memudahkan kita dalam mendevelop sebuah aplikasi. Di dalam golang ada beberapa framework yang mungkin bisa teman-teman coba dna bandingkan sendiri kecepatan ataupun kemudahan struktur app nya contohnya ada Gin, Beego, Go-kit, Echo, Fasthttp, Gorilla/Mux, Revel, Fiber dan banyak lainnya.

Bisa dilihat di github https://github.com/mingrammer/go-web-framework-stars untuk membandingkan rating dari github stars nya dan mana yang paling populer di pakai untuk development. Disini saya akan mengenalkan fiber framework yang menurut saya mudah bagi programmer yang bascily dari nodejs expressjs yang ingin mencoba migrasi ke golang hehehe.

Kenapa memilih fiber ???

Basicly kembali lagi karena saya awalnya pengguna expressjs dan ternyata di golang ada sebuah framework yang mengadopsi atau terinspirasi dari expressjs, otomatis saya langsung ke trigger dan mencobanya dan ternyata cukup mudah dipahami karena struktur app dan style code nya hampir sama dengan expressjs.

Fiber adalah kerangka kerja web yang terinspirasi dari Express yang dibangun di atas Fasthttp, mesin HTTP tercepat untuk Go. Dirancang untuk mempermudah pengembangan cepat dengan mengutamakan alokasi dan kinerja memori nol sumber https://docs.gofiber.io/.

Untuk instalasinya yang pasti teman-teman harus menginstall go lang nya dulu di local komputer teman-teman lalu ketikan perintah seperti dibawah ini

go get github.com/gofiber/fiber/v2

Lalu buat file dengan nama server.go dan running aplikasi nya

package main

import "github.com/gofiber/fiber/v2"

func main() {
app := fiber.New()

app.Get("/", func(c *fiber.Ctx) error {
return c.SendString("Hello, World!")
})

app.Listen(":3000")
}
go run server.go
Log aplikasi sukses berjalan

bisa di lihat dari code diatas hampir sama dengan expressjs berikut adalah gambaran code expressjs dan fiber

expressjs

Fiber

Dari gambaran di atas bisa dilihat style code nya hampir mirip untuk para programer expressjs sepertinya tidak akan sulit jika mencobanya hehehe. Dokumentasi lengkapnya teman-teman bisa mengunjungi situs nya saja lansung di https://docs.gofiber.io/ disitu sangat lengkap dokumentasi dan contoh-contoh aplikasi nya ada boilerplate, handler error, koneksi ke database dan lain sebagainya.

Mungkin segitu yang bisa saya sampaikan untuk pemilihan framework itu semuanya kembali lagi ke teman-teman enak dan nyaman nya menggunakan yang mana, 

kembali lagi ke kata-kata saya framework itu hanya alat bantu yang membantu kita di dalam proses development. 

Dan juga semua itu sesuai kesepakatan tim teman-teman untuk menggunakan framework apa ketika akan mendevelopment app kita.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. apakah golang aplikasinya sangat bagus ketimbang aplikasi yang lain!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai terima kasih sudah berkunjung, golang sangat bagus untuk aplikasi yang concurent request atau banyak request bersamaan

      Hapus