Belajar Nodejs PART 1 : Pengenalan Nodejs

Apakah itu Node.js ?

Node.js adalah sebuah platform yang dikembangkan oleh Ryan Dahl pada tahun 2009. Node.js menggunakan bahasa pemrograman javascript yang berjalan pada mesin v8 (javascript engine) buatan Google. v8 juga digunakan dalam browser Google Chrome. itu menurut pengurus di grup nodejs indonesia hehehe.
nodejs merupakan bahasa server side yang sedang populer biasanya kita mengenal js atau javascript hanya bekerja untuk client side saja tetapi sekarang sudah lahir yaitu nodejs, bahasa ini sangat menarik untuk di pelajari karena di era modern ini bahasa ini sangat cocok untuk pengembangan aplikasi web development, meskipun bahasa lain banyak tapi apa salahnya mencoba dan saran jika tidak betah mendingan bertahan dengan bahasa pemrograman yang kalian dalami atau cintai cieee ha.

Node.JS adalah salah satu implementasi serverside javascript(JS) yang memiliki kehandalan di sisi eventing dan callback. Sekedar info, sampai saat ini server side aplikasi sangat susah untuk dibuat berbasis event, yang ada malah kebanyakan adalah berbasis thread.

anda bisa mengunjungi situs nodejs di sini.
nodejs tergolong bahasa pemrograman yang baru atau muda jadi untuk documentation atau dokumentasi nya sangat sedikit jadi harap jeli dan sabar mencari dokumentasinya karena masih jarang dan muda jadi agak susah hehe tidak sepert PHP yang umurnya sudah tua banyak tutorial dan dokumentasiya.
yosh sekarang kita masuk ke tahap praktek pertama install nodejs nya terlebih dahulu jika menggunakan windows tinggal download installer nya di  sini.  
sedangkan jika anda menggunakan linux bisa mengikuti tutorial ini https://www.digitalocean.com/community/tutorials/how-to-install-node-js-on-ubuntu-16-04
setelah selesai melakukan instalasi kita langsung saja praktek pertama buka text editor sesuai dengan selera anda. lalu buat file bernama latihan.js
lalu ketikan kode berikut :

lalu buka nodejs comand promt jika di windows jika menggunakan linux buka terminal dan ketikan seperti ini

jika muncul seperti ini lalu buka di browser http://127.0.0.1:3000/ lalu akan muncul seperti pada gambar dibawah ini

jika muncul seperti ini berarti sudah sukses menjalankan file latihan.js dan berhasil testing hello world di nodejs heheh.
sekian tutorial dari saya berikut nya kita belajar dasar-dasar nodejs terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar