Website dengan HTML5 + WebGL: Membahas Website 3D

Kita semua mungkin ingat  saat pertama kali menonton “Avatar”, kta benar-benar terkesan dengan efek 3D yang menakjubkan. Itu membuat kita merasa seperti aku bagian dari film. Kembali pada pekerjaan setelah itu, kita berpikir apa pengalaman baru akan jika web adalah manfaat dengan teknologi 3D. Sebelumnya, kami memiliki beberapa aplikasi 3D di web, tetapi telah pernah ada waktu seperti sekarang bagi kita untuk mengalami perkembangan cepat web 3D.

Dalam beberapa tahun terakhir, HTML5 dan WebGL telah menjadi teknologi terpanas industri web. Dengan perkembangan cepat HTML5 dan WebGL, 3D web tidak lagi mimpi, sebagai soal fakta, konten web dalam waktu transisi dari 2D ke 3D demonstrasi yang awalnya didukung oleh browser. Hal ini senang melihat browser besar seperti Chrome dan Firefox mendedikasikan untuk pengembangan teknologi 3D web-HTML5 + WebGL.

Apa itu WebGL?
WebGL (Web-based Graphics Library )adalah teknologi web baru yang menyediakan API untuk menghasilkan grafis hardware-accelerated 3D untuk browser yang kompatibel tanpa plug-in.

Sebelumnya, kita perlu bahasa web khusus atau browser plug-in untuk mencapai efek 3D. Tapi sekarang, HTML5 + WebGL memberikan solusi bagi para pengembang untuk objek 3D di web secara langsung. WebGL memperluas kemampuan JavaScript untuk menghasilkan kekuatan akselerasi hardware, sehingga kita tidak perlu khawatir tentang pengalaman visual nyata aplikasi 3D.

Jadi aplikasi apa yang kita telah direalisasikan oleh HTML5 + WebGL? Bagaimana mereka mempengaruhi kehidupan kita? Yang mereka cari serta aplikasi 3D original?

3D Web Game

Game adalah bidang aplikasi penting dari teknologi 3D. Web game adalah salah satu penerima pertama HTML5 + WebGL. Secara tradisional, kita digunakan untuk khawatir tentang pengalaman visual web game 3D, tetapi sekarang, pengembang game mendedikasikan dalam pengembangan mesin permainan WebGL, mereka mampu menciptakan permainan indah pemandangan 3D yang sama dengan game PC tradisional. 

Misalnya, CopperLicht adalah library WebGL dan JavaScript engine 3D untuk membuat game dan aplikasi 3D dalam browser. Asteroid adalah penembakan web game yang dikembangkan pada mesin ini. Permainan menyediakan sudut dimensi pengambilan gambar, anda dapat mengontrol arah dengan keyboard. Dalam permainan ini, WebGL stabil dan JavaScript cepat, bisa dimainkan di browser diaktifkan WebGL dengan pengalaman visual yang sangat baik 3D.
Selain itu, itu tidak hanya WebGL yang mendorong web game 3D maju, tetapi juga lainnya fitur HTML5 penting. WebSockets, misalnya, memungkinkan benar bi-directional jaringan, sehingga memungkinkan komunikasi yang efisien latency rendah untuk multiplayer game, API audio memungkinkan manipulasi waktu nyata pemutaran audio dan membuat suara interaktif kenyataan, Cache App memungkinkan anda untuk memuat sebuah website sekali dan cache itu, membuat beban download game besar lezat.
Sejauh keprihatinan browser, kemampuan 3D sudah muncul di browser seperti Chrome dan Firefox4 melalui WebGL. Menurut statistik dari tahun lalu, Chrome dan Firefox mengambil pangsa pasar kedua sepertiga dari pasar global. Ini berarti ada lebih dari 450 juta pengguna yang dapat melakukan hardware grafis 3D dipercepat. Lebih penting lagi, sebagai browser yang paling umum digunakan, IE mulai mendukung HTML5 dari versi 9. Itu adalah kelompok pengguna besar potensi web game 3D.
3D Map
Map atau peta memainkan peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Ini adalah aplikasi lain kunci WebGL dan HTML5. Bandingkan dengan peta 2D, 3D peta mampu perubahan sudut visual, arsitektur cek dimensi dan sebagainya, yang membuat anda merasa lokasi di adegan nyata. Kecuali untuk arah, peta 3D membantu untuk memeriksa informasi detail dari tujuan and
Google menyediakan 3D map jalan pemandangan via WebGL. Anda dapat terbang ke mana saja untuk melihat bangunan 3D. Dengan lapisan “Bangunan 3D” di Google Earth, orang dapat melihat model 3D bangunan, monumen, air mancur, jembatan, menara, museum, rumah dan lebih banyak. Sementara di Google Earth, anda dapat mengklik sebuah bangunan 3D untuk membuka ballon dengan informasi lebih lanjut tentang lokasi. Ini adalah screenshot dari Westminster Abbey London.
Dalam versi 5.0, anda bisa menyelam ke dalam air untuk memeriksa menakjubkan di bawah misteri air. Berikut adalah screenshot:

Jadi, inilah pertanyaan, bagaimana membangun model 3D dari kota masing-masing? Ini adalah tugas besar untuk membangun model 3D dari satu kota, apalagi seluruh dunia. Google metode adalah untuk menghasilkan kekuatan massa rakyat. Model 3D yang anda lihat di Google Earth yang disumbangkan oleh pengguna di seluruh dunia. Setiap orang dapat menambahkan model untuk Google Earth.
Bayangkan jika setiap kota membangun model 3D, dan menyediakan akses melalui web, akan manfaat besar bagi orang-orang massal. Kita dapat menambahkan banyak aplikasi seperti navigasi, menemukan perjalanan, pencarian makanan, jaringan sosial dan lain-lain Meskipun beberapa efek aplikasi yang diwujudkan dengan versi 2D dengan tambahan plug-in, mereka Stucky dan tidak menyenangkan, dalam peta 3D di masa depan, lanskap kota nyata dengan sudut rotasi mulus visual yang akan membawa anda pengalaman pengguna yang sama sekali berbeda.
3D Social Network
Aplikasi baru dapat dikembangkan atas dasar teknologi 3D, dan jaringan sosial berdasarkan peta 3D adalah salah satunya. Saat ini, konten seperti teks, gambar dan video adalah bentuk dasar dari SNS, sedangkan dalam jaringan sosial 3D, itu adalah konsep yang sama sekali berbeda. Berikut adalah imajinasi yang menarik: setelah log on ke Facebook, anda “berjalan” di jalan, “buka” pintu sebuah bar kopi, “membeli” secangkir kopi dan “mengatakan” halo ke gambar 3D dari tetangga anda. Wow.
Sebagai fakta, Google melakukan hal seperti itu dalam proyek YoubeQ. YoubeQ adalah jaringan sosial 3D mampu perjalanan virtual. Pengguna berpaling kepada orang-orang 3D, mereka dapat bertemu teman-teman di seluruh dunia dan bermain game. Setelah Google Earth mendukung model halaman web, jauh lebih mudah untuk mengunjungi proyek.
3D In Mobile
Ada juga aplikasi penting yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari kita di dunia mobile. Lihatlah pertumbuhan smartphone global penjualan unit smartphone diperkirakan akan tumbuh 25% dari 472 juta pada 2011-630 juta pada tahun 2012. Sebagai orang bertukar fitur ponsel mereka untuk perangkat yang lebih maju, ponsel adalah tempat yang semakin meningkat untuk aplikasi 3D.
Tablet adalah platform yang ideal untuk menggabungkan gambar 3D dan operasi sentuhan jari bersama-sama. Mari kita Bookcase 3D Google sebagai contoh, menggunakan WebGL dengan API Buku Goggle. Google menciptakan rak buku inspiratif yang memiliki lebih dari 10.000 buku dari koleksi Google Books ‘, yang semuanya disajikan dengan 3D. Seperti yang anda tarik dengan mouse, anda dapat memutar rak buku untuk memilih buku dan membuka versi 3D dari buku. Setiap buku dilengkapi dengan QR Code untuk di-download ke ponsel anda.
Ini mengubah cara tradisional buku memilih. Jika anda suka, anda tidak perlu pergi ke toko buku atau perpustakaan, tetapi menemukan buku-buku di app mobile anda.
3D Our World
Setelah teknologi web 3D diterapkan pada kehidupan sehari-hari, dunia kita akan modelized oleh 3D, dari bumi, bintang untuk mobil, rumah, barang-barang digital dan bakteri. Semuanya akan memiliki detail 3D. Ini adalah pengalaman baru untuk menemukan misteri dalam kehidupan.
Tahun lalu, ada satu aplikasi web 3D browser Google tubuh disebut. Anda dapat memeriksa bagian-bagian tubuh dari 360 derajat di web termasuk tulang, otot,, sistem saraf organ dan lain-lain membantu kita untuk tahu lebih banyak tentang tubuh kita yang pada dasarnya membantu untuk kesehatan.
3D Restrictions
Setiap teknologi canggih membutuhkan waktu untuk mendapatkan diterima dan dipopulerkan, begitu pula 3D. Di satu sisi, sebagai standar berikutnya web, HTML5 tidak secara resmi diselesaikan, masih ada jalan panjang untuk pergi, di sisi lain, model bangunan rumit 3D merupakan batasan lain. Misalnya, kita ingin menunjukkan Sarang Burung di 3D. Ini adalah proses yang rumit untuk membuat koleksi bentuk 2D polygonous understoodable oleh komputer. Jadi industri web membutuhkan model perpustakaan besar namun murah 3D yang berisi hal-hal yang berbeda dari dunia untuk pengembang web untuk digunakan.
Conclusion
Tanpa diragukan lagi, HTML5 + WebGL membuat web sedikit berbeda demi sedikit, mereka menyediakan cara untuk dunia 3D kita dengan pengalaman baru. Pada saat yang sama, kita juga harus melihat trafict. Bandingkan dengan efek 3D kami menyadari oleh Flash, masih ada jalan panjang untuk pergi untuk mencapai efek 3D yang rumit di web. Di satu sisi, saya tak sabar untuk melihat perubahan yang dibawa oleh HTML5 + WebGL, di sisi lain, saya berharap Flash untuk teknologi HTML5 akan mengejar kecepatan cepat pengembangan web.
Jika kita dapat mengkonversi efek 3D dari Flash ke HTML5 secara langsung, itu akan menjadi keuntungan besar bagi semua pengembang. Saat ini, masih tahap awal Flash untuk HTML5 konversi, tetapi pelopor membawa kita berharap, seperti Google Swiffy dan Sothink SWF Decompiler. Mereka telah menyadari konversi animasi dasar dan sederhana dari Flash ke HTML5. Untuk menyimpulkan, kita berada di jalan ke dunia web 3D.

Posting Komentar

0 Komentar